Sekolah Untuk Pintar atau Ijazah?

Sekolah untuk pintar atau ijazah? Nah or nah? Nah! Oke, apa yang terpkir oleh kalian kalo gua nyebut kata “sekolah”? BT? Jelas. Guru Killer? Pasti. Serem? Bisa jadi. Seru? Hmmm okelah. Kira-kira itu sih yang dulu gua bayangin pas denger kata “se-ko-lah”. Sekolah tuh kan instansi pendidikan, bener ga sih? Kalo kata Wikipedia sih, sekolah tuh “tempat didikan bagi anak anak. Tujuan dari sekolah adalah mengajar tentang mengajarkan anak untuk menjadi anak yang mampu memajukan bangsa”. Kita liat kata yang gua tebelin, yak! Didikan! Selain bikin pinter, sekolah juga seharusnya menddik kan? Tapi nyatanya?

Sang penikmat sekolah A.K.A. murid kayaknya asik nih buat di telusur. Sebelumnya, markihat(mari kita lihat) tujuan dari sekolah. Kalo menurut gue, selain bikin pinter, sekolah harusnya juga mendidik. Temen2 kalian ada yang suka cabut2an gak? Atau ada yang ngerasa? Nah! Itu salah satu contoh kalau mereka(atau ente) kurang terdidik. Ya kalo dari sudut pandang remaja sih itu keliatannya kayak hal yang biasa aja, padahal eh padahal sebenernya itu udah ngelanggar hukum. Hukum apaan? Ya hukum bersekolah *apaansih. Walaupun, menurut pengalaman pribadi gua, cabut emang enak sih. Apalagi kalo cabutnya rame2, behh mantep ga sih sob?

Ngomongin soal cabut, gua pernah ke gep 2 kali waktu cabut. Pertama,gua cabut ekskul, trus nongkrong di warung gitu. Udah 15 menit sebelum bel pulang nih, tiba2 perasaan bocah tongkrongan gundah gulana melanglang buana entah kemana. Ya bener aja, tiba2 guru gua dateng dengan gaya ‘like a boss’ gitu, lebih parahnya lagi, satu dari mereka bawa paralon ½ inch dengan panjang kira2 120 kg cm! Dengan sikap gentleman ala2 ababil, kita semua kabur. Satu temen gua ketangkep, dan gua masih lari secepet flash. Akhirnya , gua terperangkap di sebuah tempat yang kayak ’no way out’ gitu, akirnya(lagi) setalah berfikir dengan cekatan, gua memilih untuk loncatin pager. Entah kenapa sepatu kesayangan gua kayak ngomong “sob, hadapilah mereka dengan jantan”, (ini beneran)akhirnya tali sepatu gua nyangkut, dan gua gelantunan dipager dengan posisi kebalik kayak mangga mengkel yang nunggu jatoh. Untung pala gua ga bocor lagi. Ga berapa lama, sebuah paralon menyapa paha gua. Ohh men, udah diteriakin maling, ditegor paralon pula. Bayangin men! Bayangin!

Pengalaman kedua tuh tentang goreng cabut buat nonton konser A7X. Stop! Oke, entah kenapa setiap kali gua cerita tentang SMA, gua jadi galau. *MandiDibawahShowerSambilNangis2

Featured imageSMA gua sob!

Oke kita kembali ketopik utama. Jadi sebenernya, bandel di masa2 sekolah tuh sah2 aje. Namanya juga ababil kan, jaman2nya nyari jati diri gitu. Tapi, ayolah sob! jangan berlebihan, ya you know lah what I mean. Kalo udah berlebihan tuh susah banget buat ngerubahnya sob. Masa2 sekolah apalagi SMP SMA tuh masa2 lo pada bikin keputusan antara baik atau buruknya jalan hidup lu ke depan. Karena di jaman2 itu tuh biasanya masa dimana memori2 yang akan mempengaruhi jalan hidup lu nanti terbuat. Bagus banget kalo lu bikin memori2 positif buat motifasi kehidupan lu kelak, ya memori2 bandel secukupnya aje, itung2 jadi bahan obrolan bakal reuni nanti.

Ayo kita bahas seidikt tentang sang pendidik A.K.A. orang yang memberikan pendidikan dan pengetahuan A.K.A. guru. Takut sama guru? Takut dipukul? Dimarahin atau dibentak? Dihukum? Ya kalo lu susah diatur, dimarahin atu dihukum sih wajar, tapi kalo dipukul, itu guru kurang ajar, beda sama kisah tragis gua diatas. Sekarang udah gak jaman lagi takut sama guru sob! Sekarang tuh jamanya menghormati guru. Kalo gurunya nyolot? Ya laporin aje ke kepsek ato gak pemerintah, ato gak kak Seto, ato gak polisi *OkeNgaco. Ya pokoknya kalo lu gasuka sama guru itu, bisa kok bilang ke kepsek atau gak guru BP, kan itu lebih kalem dari pada adu otot sama guru. Nah or nah?

Fix! Mulai dari sekarang, bandellah yang bertanggung jawab. Bandel sih sah2 aja,asal jangan berlebihan. Oya, kalo mau ujian, jangan belajar pake sistem SKS(sistim Kebut Semalam) sob! Belajar-ujian-lupa yang dipelajarin. Bayangin waktu dulu pas TK lu belajar pake sistem SKS! Mungkin sekarang lu gabisa nulis, ataupun baca tulisan ini. Mulai deh ubah pandangan lu terhadap sekolah, dari tempat yang suram abis, jadi rumah kedua(tapi jangan lupa pulang). Bayangin serunya sosialisasi sama temen atau gebetan, atau pacar orang. Ga punya pacar? Nah sekolah juga bisa jadi tepat untuk nyari pacar! Tapi jangan lupa prioritas, be-la-jar! Yang lebih penting lagi, jadiin sekolah tempat yang tepat untuk belajar, jangan Cuma tempat buat nyari ijazah secara sah! Jadilah bijak dan hebat, dan Indonesia akan bangga punya pemuda kayak ente!

Tinggalkan komentar