Memori Motivasi (Manggil Deja Vu? Kenapa engga?)

Featured image

*Sherlock holmes, dibelakangnya tuh mind map yang disambungin pake benang merah

Ada yang perah ngerasiain déjà vu? Kayaknya semua pernah yaaa. Oke, apa sih itu déjà vu? Menurut Wikipedia, déjà vu tuh frasa Prancis yang secara harafiah artinya “pernah melihat” atau “pernah merasa”. Trus apa hubungannya sama artikel ini? Ya jelas sangat2 ada sob! Jadi gini, gimana kalo kita menggunakan déjà vu sebagai sarana untuk memotivasi diri? Keren gak tuh? Keren lah, keren dong,keren kan? Keren banget! Jadi, kita bakal kayak bikin anak memori déjà vu gitu, jadi waktu ngerasain dejavu, ingatan2 positif dan memori2 motivasi tiba2 berdatangan. Coba bayangin, kita lagi BTA(Bosen Total abis) trus bisa ngerasain déjà vu 0-5 menitan gitu, tiba2 semangat kembali datang trus kita berubah jadi super saiyan! Waaaaaaaaw lebay!

Nah! Gimana? Udah ada gambaran? Gini deh, apa sih rasanya dejavu? Kalo gua pribadi sih suka sama sensasinya, geli2 basah gitu, iya, soalnya ngerasain déjà vu dibawah siraman hujan sambil joget2 India *FixGaring. Tapi, gimana kalo kita kayak bisa ngendaliin déjà vu gitu? Bukan kayak avatar ataupun pengendali elemen, lebih mirip kayak déjà vu summoners gitu. Gatau summoners? Ketauan ga pernah main PS nih. Summoners tuh pemanggil, brarti kalo déjà vu summoners, ya pemanggil déjà vu! Oke capcuss, ini beberapa hal yang menurut gua bisa ‘re-call’ dejavu :

  • Musik

Yak! Musik A.K.A. lagu, ini sih yang paling efektif dan durasinya paling panjang menurut gua. Pernah denger musik pas hujan trus tiba2 keinget mantan? Nah gimana? Nyess kan? Nah! Gimana kalo nanti pas nongkrong atau lagi ngelakuin sesuatu yang seru dilakuin sambil dengerin musik?(Ya gak gimana2)Tapi ada tapinya, lagu yang didengerin medingan jangan lagu galau. Galaunya dikit aja, karena lagu bisa mempengaruhi mood, kalo bisa dangdut! Atau reggae! Atau jazz! Atau country! Atau Scream(bagi yang ngerti lyricnya)! Kenapa? Dibahas dibawah aja yak! Itu salah satu cara untuk bikin memori yang ngena. Udeeeeeeeh lanjut aje dulu bacanya.

  • Bau

Iya bener! Bau! Maksutnya bukan bau yang bau, tapi bau yang bau. Gimana sih ini kalimat? Gini deh gampangnya, pernah nyium bau badan orang lain gak? Dari yang bau sampe yang bau, wangi. Pernah gini gak “eh bau badan lu mirip si ini nih”? Nah! Menurut gua itu kayak secuil déjà vu gitu, kalo lu lebih peka, mungkin lu bisa pacaran sama oi sekarang ngerasain déjà vu-nya tuh lebih kuat!

  • Makanan atau minuman

Yaaaaaaaaa! Makanan atau minuman! Oke, kita ambil contoh sedikt(pengalaman pribadi). Misalnya, hari ini gua makan pizza black peper(re:lada htam) sama si doi, ehhh, 2 tahun kemudian gua makan makanan yang sama(kasian gak sih, gua makan pizza 2 tahun sekali?), tapi bedanya ini sendokir. Tiba2 keinget lg makan sama doi, ketawa2, gua belai2 doi, eh terus gua ditampar, ilang dejavu nya, yahhhh.

  • Quote

Yak ini sih kayaknya standar yaaaaa. Ada yang pernah ngerasain déjà vu waktu baca quote? Atau ada yang tau caranya? Quote sih enaknya ditaroh di tempat yang gampang diliat, dompet atau wallpaper hp gitu. Ya gampang aja sih, lu tinggal liat atau baca quote, lebih asik lagi kalo sambil dengerin musik. Segampang itu? Iya, gampang banget kan? Tapi ada tapinya, tapi lanjutannya di bahas dibawah.

Gimana? Gampang kan? Gampang banget sob! (Nih!) Tapi re-call déjà vu bakal susah kalo ente kurang peka, dan gak didukung suasana yang pas! Gimana caranya peka dan dapetin suasana yang pas? Gampang banget! Nih ya, kalo cara gua sih tinggal merem aja dan cari tempat yang sepi, sunyi, senyap, untuk bereproduksi merilekskan hati dan pikiran. Susah nyari tempat begitu? Baca aja ini “Toiletku, Inspirasiku”. Intinya sih kalem aje sob, tenang, damai, suasana yang zen abis gitu. Nih sedikit Tanya jawab yang gua lakuin sama diri gua sendiri(gua masih waras):

T: Makan atau minum sambil merem gimana caranya? Kan gua gabisa telepati.
J: Aduh, ini pertanyaan manusia jenius abis! Yak! Jeniusnya udah abis. Ya gak selama makan atau minum lu merem terus kelessss. Jadi saat lu abis nyuap gitu, nikmatin aje setiap gigitan, rasain! Bayangin, kira2 memori apa yang pernah lu lakuin pas makan ini dulu. Syukuri setiap kunyahannya!
T: Baca sambil merem? Kayaknya susah deh.
J: Kayaknya kan? Berarti belom pasti. Oke gua gak akan ngajarin telepati. Tapi emang bukan baca sambil merem maksutnya. Ya intinya sama aja kayak pas makan, abis lu baca tuh quote, trus lu merem deh, inget2 semua yang berhubungan sama tuh quote, kayak banggain orang tua atau apalah.

Nah! Gua yakin kayaknya lu udah pada bosen yak bacanya? Tunggu dulu!!!!! Ini paragraf terakhir nih! Oke, kayaknya sih hampir semua indra bisa bikin déjà vu, tp gua belom pernah ngerasain soal indra peraba A.K.A. kulit, nanti mungkin di update. Intinya sih, setiap lu ada quality time, selalu is dengan hal2 yang positif dan memotivasi, apa lagi ‘ditandain’ pake tips2 gua diatas, behh! Nyak-ban! Oya! Hujan juga bisa nambah ke-zen-an, apalagi kalo ada petrichor, itu loh, bau hujan yang enak banget, langsung deh galau inget mantan! Nah or nah? HAHAHAHAHAHA

Featured image

*Salah satu memori motivasi gua yang di taroh di dompet, gatau nominalnnya berapa, tapi itu harapan gua. Ahh jadi nget Bastian sama Denny(re: sobat gua) pas lagi nogkrong di trotoar

Tinggalkan komentar